Kompetensi Inti (KI) dan
Kompetensi Dasar (KD) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kurikulum
2013 Kelas VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai perilaku
beriman,dan bertaqwa kepada TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di
sekolah dan masyarakat
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan semangat dan
komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam
perumusan Pancasila sebagai dasar negara
2.2 Menunjukan perilaku
sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat
sekitar
2.3 Menunjukkan sikap
toleranterhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
2.4 Menunjukkan semangat persatuan
dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh
dan tak terpisahkan dalam kerangka NKRI
|
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah dan
semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan Pancasila sebagai
dasar negara
3.2 Memahami sejarah
perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3 Memahami isi alinea
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5 Memahami keberagaman
suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.6 Memahami pengertian dan
makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR)
3.7 Memahami karakteristik
daerah tempat tinggalnya dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI)
|
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1 Menyajikan tulisan
singkat tentang “sejarah dan semagat komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2 Menyajikan tulisan
singkat tentang sejarah perumusan dan pengesahan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Membuat kajian isi
Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyajikan hasil
pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
berbangsa
4.5 Berinteraksi dengan teman
dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam
keberagaman yang dibingkai Bhinneka Tunggal Ika
4.6 Menampilkan perilaku
kebersatuan dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
4.7 Menyajikan karakteristik
daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
|
0 komentar:
Posting Komentar