Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas VII Kurikulum 2013
KELAS:
VII KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati Al-Quran sebagai implementasi dari pemahaman rukun iman.
1.2
Beriman kepada Allah SWT
1.3
Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4
Menerapkan ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan
syariat Islam
1.5
Menunaikan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.6
Menunaikan shalat Jumat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Jumu„ah
(62): 9
1.7
Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai
implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
|
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
|
2.1
Menghargai perilaku jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah
(2): 42 dan hadits terkait
2.2
Menghargai perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai
implementasi dari Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
2.3
Menghargai perilaku empati terhadap sesama sebagai implementasi dari Q.S.
An-Nisa (4): 8 dan hadits terkait
2.4
Menghargai perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran
(3):134, dan hadits terkait
2.5
Menghargai perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. Al-Anfal (8): 27
dan hadits terkait
2.6
Menghargai perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman QS Al-Ahqaf
(46): 13 dan hadits terkait
2.7
Menghargai perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah (Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir) dan
Q.S.Al-Mujadilah (58):11 dan Q.S. Ar-Rahman (55):33 serta hadits terkait
2.8
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
2.9
Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
|
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-‟Alim, al-Khabir, as-Sami‟, dan al-Bashir
3.2
Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3
Memahami kandungan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11 dan Q.S. Ar-Rahman (55): 33
serta hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4
Memahami makna empati terhadap sesama sesuai kandungan Q.S. An-Nisa (4): 8
dan hadits terkait
3.5
Memahami kandungan Q.S.An-Nisa (4):146, Q.S. Al-Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali
Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar, dan pemaaf
3.6
Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits
terkait
3.7
Memahami istiqamah sesuai kandungan Q.S. Al-Ahqaf (46): 13 dan hadits terkait
3.8
Memahami ketentuan bersuci dari hadats kecil dan hadats besar berdasarkan
ketentuan syari‟at Islam
3.9
Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.10
Memahami ketentuan shalat Jumat
3.11
Memahami ketentuan shalat Jamak Qasar
3.12
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan Madinah
3.13
Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin
|
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Membaca Q.S. Al- Mujadilah (58):11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33, Q.S.An-Nisa (4):
146, Q.S. Al-Baqarah (2): 153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134 dengan tartil
4.2
Menunjukkan hafalan Q.S. Al- Mujadilah (58): 11, Q.S. Ar-Rahman (55): 33,
Q.S. An-Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134
dengan lancar
4.3
Mencontohkan perilaku empati terhadap sesama sesuai kandungan QS An-Nisa (4):
8 dan hadits terkait
4.4
Mencontohkan perilaku amanah sesuai
kandungan
Q.S. Al-Anfal (8): 27 dan hadits terkait
4.5
Mencontohkan perilaku istiqamah sesuai kandungan QS. Al-Ahqaf (46): 13 dan
hadits terkait
4.6
Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadats besar
4.7
Mempraktikkan shalat jamak dan qashar
4.8
Mempraktikkan shalat berjamaah
4.9
Mempraktikkan shalat Jumat
|
0 komentar:
Posting Komentar